Visi dan Misi LPPM Universitas Esa Unggul

Berdasarkan Visi, Misi, dan Tujuan Universitas Esa Unggul, maka Penelitian merupakan unsur Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi adalah wahana untuk melatih, mendidik, mengembangkan dan membangun sikap dan kehidupan ilmiah. Perguruan tinggi juga berperan untuk terus menggali ilmu pengetahuan dan teknologi demi kepentingan, kemajuan dan kesejahteraan bangsa. Perguruan tinggi harus dapat menemukan solusi permasalahan bangsa sebagai kontribusi nyata dari ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Sikap dan kehidupan ilmiah di perguruan tinggi diwujudkan dengan pengembangan kegiatan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, serta permasalahan- permasalahan sosial budaya.
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Esa Unggul Jakarta adalah unsur pelaksana akademik yang mengkoordinasi, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian, serta mengusahakan dan mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan. Fungsi LPPM adalah sebagai lembaga koordinasi yang bertugas mengkoordinasi, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh dosen, baik secara mandiri maupun kelompok.
LPPM juga mengkoordinasi dan memfasilitasi kegiatan penelitian yang bersifat multi, antar, dan lintas bidang yang diselenggarakan oleh pusat studi yang bersifat multidisipliner. Di samping itu, juga berfungsi sebagai pusat konsultasi persoalan-persoalan pengembangan masyarakat, terutama berkaitan dengan konsultasi kewirausahaan dan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Adanya pusat-pusat studi itu dimaksudkan agar dalam pengembangan penelitian terdapat kerja sama kelembagaan dan kekhasan berdasarkan fungsinya. Fungsi pusat studi pada hakikatnya adalah sebagai wadah yang tidak hanya
menampung berbagai kegiatan penelitian dan pengkajian dosen dari berbagai bidang ilmu, program studi dan fakultas di lingkungan Universitas Esa Unggul Jakarta, serta sebagai ujung tombak keberadaan dan peran Universitas Esa Unggul Jakarta dalam hubungannya dengan pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi.

Visi
“Mewujudkan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Unggul dengan diiringi Intelektualitas, Kreatifitas dan Kewirausahaan”

Misi

  1. Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang dapat meningkatkan Kesejahteraan dan Pemberdayaan Masyarakat.
  2. Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berpayung pada ilmu-ilmu hayati, sosial dan rekayasa.
  3. Menyelenggarakan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pemikiran ilmiah yang kritis dan bernilai kreatifitas.
  4. Pembentukan Komunitas agen perubahan masyarakat yang terpadu baik secara mono maupun multi disiplin.
  5. Pencapaian Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang kreatif dan inovasi dengan didukung oleh IPTEKS menuju reputasi yang unggul.
  6. Pencapaian program kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan atas kerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat.
  7. Pencapaian kerjasama yang baik dengan industri untuk meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dan kemitraan dalam pelatihan tenaga professional.
  8. Meningkatkan perolehan HKI.
  9. Mewujudkan jalinan kerjasama internal dan eksternal guna upaya peningkatan kualitas dan kuantitas Penelitian.
  10. Mewujudkan Kemandirian Lembaga sebagai pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat berkontribusi pada Pemberdayaan Masyarakat.

Tujuan

  1. Pencapaian Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berkarakter dan berdaya saing untuk diarahkan kepada capaian solusi yang tepat sasaran.
  2. Peningkatan produktifitas dan kualitas Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk berkontribusi
    nyata terhadap Kesejahteraan Umat Manusia.
  3. Pengembangan Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang Sehat dan Mandiri.
  4. Pembentukan Komunitas agen perubahan masyarakat yang terpadu baik secara mono maupun multi disiplin.
  5. Pencapaian Program Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang kreatif dan inovasi dengan didukung oleh IPTEKS menuju reputasi yang unggul.
  6. Pencapaian program kegiatan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan atas kerja sama dengan pemerintah daerah dan masyarakat.
  7. Pencapaian kerjasama yang baik dengan industri untuk meningkatkan kemampuan perguruan tinggi dan kemitraan dalam pelatihan tenaga professional.

Ketua LPPM
Dr. Erry Yudhya Mulyani, S.Gz., M. Sc

Kepala Pusat Penelitian
Dr. Rian Adi Pamungkas, M.N.S., P.H.

Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat
Dr. Ummanah, S. Sos., M. Si

Operator LPPM
Abdul Lathif, S. Psil

Staff LPPM
Nesa Novia, S.A.P

LPPM–IEU melaksanakan kegiatan untuk menyelenggarakan koordinasi perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan kegiatan penelitian serta pengkajian dan pendokumentasian kegiatan penelitian tersebut, selain itu LPPM–UEU ikut mengusahakan dan mengendalikan sumber daya penelitian, dengan tugas pokok :
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian di bidang sains, teknologi, dan sosial budaya.
  • Menyelenggarakan kajian di bidang pembangunan dan pengembangan di bidang sains, teknologi, ekonomi dan sosial budaya.
LPPM – UEU dalam bidang Pengabdian kepada Masyarakat bertugas untuk melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau dan menilai pelaksanaan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, mendokumentasikan serta ikut mengusahakan sumber daya-sumber daya yang diperlukan, dengan tugas pokok :
  • Mengkaji ilmu pengetahuan, teknologi, sosial budaya untuk kepentingan pembangunan melalui kegiatan pendidikan dan pelatihan masyarakat, konsultasi dan advokasi, serta inkubasi bisnis.
  • Melaksanakan usaha memobilisasi sumber-sumber untuk keperluan pembangunan masyarakat.
  • Melaksanakan pengembangan pola dan konsepsi pembangunan berbasis masyarakat.

Download

  1. Terlampir Sekilas LPPM, Pusat Pengembangan Wilayah Dan Perkotaan LPPM, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah (P3K UKM), Pusat Penelitian Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Desain Industri, Struktur Organisasi LPPM dan Daftar Prestasi Program Studi Tingkat Nasional Dan Internasional yaitu LPPM Universitas Esa Unggul
  2. Terlampir Rencana Induk Penelitian (RIP) 2017 – 2021 Dan Rencana Strategis (RENSTRA) Pengabdian Kepada Masyarakat 2017 – 2021
  3. Terlampir